Entries (RSS)

Sabtu, 09 Oktober 2010

7-Zip

Terkadang kita menemui suatu masalah dimana file yang hendak kita kirimkan melalui email, mempunyai ukuran yang besar, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk diunggah (upload) maupun diunduh (download). Begitupun jika kita merasa kapasitas hard disk atau jalannya PC mulai agak melambat akibat bertumpuknya berbagai file, namun disatu sisi kita juga tidak ingin membuang file tersebut begitu saja, karena dianggap masih penting!! Nah, disinilah kegunaan program kompresi file yang mampu mengecilkan ukuran file-file yang Anda miliki!!

Apabila Anda hanya ingin memilih 1 program kompresi file, maka 7-Zip adalah pilihan yang bijak. Program ini memiliki format kompresi tersendiri bernama 7z yang sangat baik dalam mengkompresi berbagai jenis file, utamanya jika menggunakan metode kompresi LZMA.  Selain itu, software ini tergolong ringan dan mampu untuk membuka banyak tipe file hasil kompresi yang popular, seperti zip dan rar. Biasanya hasil kompresi  7-zip dalam format 7z lebih baik sekitar 30-70% dibanding format zip. Begitupula dalam format zip, tingkatan hasil kompresinya lebih baik sekitar 2-10% daripada program-program kompresi lain yang mendukung format tsb (zip).

Berikut adalah beberapa keunggulan utama yang dimiliki "7-Zip": 

~ Tingginya tingkat rasio kompresi dalam format 7z yang baru. 
~ Mampu mengkompres sekaligus mengestrak file dalam format 7z, XZ, bzip2, GZIP, TAR dan ZIP. 
~ Mampu membuka format kompresi ARJ, CAB, CHM, cpio, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, UDF, VHD, WIM, XAR dan Z. 
~ Memiliki tingkatan kecepatan yang mumpuni dalam mengkompresi dan mendekompresi file. 
~ Dapat membuat password enkripsi AES-256 pada file yang dikompres dengan format 7z dan ZIP. 
~ Integrasi dengan Windows Shell. 
~ Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami.  
~ Tersedia dalam 74 bahasa. 
~ Memiliki menu help yang sangat informatif.


Gambar: Salah satu tampilan program 7-Zip

Berikut contoh penggunaan 7-Zip dalam mengkompresi folder/file:
~ Setelah membuka program, klik tanda panah bawah lalu pilih lokasi dimana file/folder yang ingin dikompresi tsb berada.
~ Setelah file/folder dipilih (boleh lebih dari satu), klik Add.
~ Dalam tab Add, tentukan setting yang diinginkan, lalu klik OK.

Cara lainnya, yaitu dengan mengklik kanan file yang ingin dikompres. Lalu pada pilihan “7-Zip”, pilih “Add to (nama file).7z”.

Sedangkan cara untuk mengekstrak file/folder hasil kompresi adalah sbb:
~ Agar lebih mudah, sebelum membuka, sebaiknya kita mengasosiasikan format file yang didukung 7-Zip, agar file yang telah dikompres dapat langsung dibuka,tanpa harus membuka program terlebih dahulu. Caranya, yaitu: pada program, klik tab “Tools” – “Options…” – “System” – “Select All” – “Apply” – “OK”.
~ Setelah itu, klik ganda file yang ingin diekstrak, lalu klik tab “Ekstract”, dan setelah itu pilih tempat tujuan file hasil ekstrak nanti, lalu klik “OK”.  

Cara lainnya, yaitu dengan mengklik kanan file yang ingin diekstrak, lalu pada pilihan “7-Zip” pilih “Ekstract files…”.

For more information and download, please visit http://www.7-zip.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar